Prinsip Dasar Manajemen
Dalam suatu perusahaan, seorang manager akan menerapkan empat prinsip dasar manajemen guna mempertahankan kelangsungan perusahaan tersebut. POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling) adalah konsep atau prinsip dasar manajemen yang biasa digunakan di setiap tingkat manajemen dibandingkan konsep PDCA (Plan Do Check Action) ataupun PDCE (Plan Do Check Evaluate). Adapun fungsi dari POAC adalah sebagai taktik untuk mengelola suatu usaha secara efisien dan efektif hingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Berikut pemaparan singkat mengenai POAC.
- Planning
Perencanaan kerja menjadi langkah awal yang dilakukan seorang manajer untuk menentukan keputusan yang efisien dan efektif guna mencapai tujuan yang diinginkan. Rencana yang disusun tersebut meliputi rencana terhadap sumber daya manusia, bahan baku, proses, penggunaan alat atau teknologi, cara memuaskan konsumen, cara menguasai brand, cara mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, dan lain sebagainya.
- Organizing.
Setelah seorang manajer menyusun sebuah rencana kerja maka selanjutnya mereka harus memastikan bahwa seluruh sumber daya yang digunakan mampu menjalankan seluruh rangkaian rencana tersebut dan dapat mencapai tujuan dengan efisien dan efektif. Langkah mudah untuk melaksanakan tahap ini adalah dengan cara membagi sumber daya manusia yang ada ke dalam beberapa departemen atau subdivisi untuk melaksanakan tugasnya.
- Actuating
Selanjutnya adalah tahap dimana seorang manajer akan mengimplementasikan rencana yang disusunnya dengan cara mengarahkan dan membimbing karyawan bekerja sesuai dengan tujuan organisasi.
- Controlling
Terakhir, seorang manager harus memastikan apakah hasil kerja atau kinerja yang diperoleh sesuai dengan rencana awal. Jika memang terjadi perbedaan maka tugas manajer adalah mengevaluasi, mengoreksi, merevisi atau melakukan perubahan terhadap rencana tersebut dengan kembali pada proses planning berdasarkan hasil dari controlling.
Komentar
Posting Komentar